Langsung ke konten utama

Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan


Contoh Resensi Novel Surat Kecil untuk Tuhan


a. Identitas Buku
– Judul Buku : Surat Kecil Untuk Tuhan
– Jumlah Halaman : 232 halaman
– Penulis : Agnes Davonner
– Tahun Terbit : 2008
– Penerbit : Inandra Published
b. Sinopsis
 Kisah yang ditulis oleh Agnes Davonner ini menggambarkan kisah nyata dari seorang gadis remaja yang berjuang melawan kanker ganas yang ia derita. Ketika gadis itu diprediksi bahwa umurnya sudah tidak lama lagi namun gadis tersebut tetap menjalani aktivitasnya seperti biasa tanpa ada rasa mengeluh yang terucap dari bibirnya. Sebut saja ia Keke, nama panggilannya ia tinggal bersama orangtua tersayangnya. Keke adalah sosok gadis remaja yang sangat periang dan aktif dalam kegiatan intra atau ekstra sekolah. Hal itu menyebabkan ia memiliki teman yang banyak.
Saat masa-masa dimana Keke mengetahui tentang penyakitnya dan di vonis oleh dokter tidak akan lama lagi hidupnya, hal itu tak menggentarkan hati Keke untuk tetap terus bersekolah, walaupun lambat laun kondisi fisiknya banyak yang berubah, kanker itu seolah menggerogoti tubuh Keke gadis yang pintar itu, wajah Keke yang semula cantik dan berseri berubah bak seorang monster yang mengerikan, namun hal ini tak menjadikan Keke patah semangat dalam belajar dan menuntut ilmu. Keke juga lambat laun mengalami kerontokan pada rambut di kepalanya karena efek kemoterapi yang ia lakukan. Maka dari itu sehari-harinya Keke menggunakan rambut palsu.
Ketika sang Ayah melihat keadaan Keke yang semakin hari semakin memburuk kondisinya, hal itu membuat Ayahnya tidak tega atas apa yang dialami oleh puterinya. Namun orangtuanya pun tidak tega jika melihat Keke di operasi agar dapat menyembuhkan wajahnya. Perjuangan Ayah Keke tak berhenti sampai disitu saja, ia terus mencari beberapa alternatif pengobatan yang dapat membantu puterinya untuk menyembuhkan kanker yang diidap oleh Keke. Namun hasilnya sama sekali tidak berbuah apapun, Keke masih saja terus melemah dan memburuk dengan penyakit kankernya. Akhirnya sang Ayah mengambil tindakan medis lagi dan Keke menjalani kemoterapi yang mengakibatkan kerontokan pada rambut di kepalanya, namun hasil dari kemoterapi ini tidak sia-sia karena Keke berhasil bertahan dari vonis dokter yang menyatakan bahwa dirinya akan meninggal dalam waktu dekat.
Kebahagiaan yang menyelimuti mereka tak lama, dan dalam kisah Surat Kecil Untuk Tuhan juga menceritakan kisah betapa setianya teman-teman Keke yang selalu mensupport dan tak malu untuk berteman dengan Keke, setelah dinyatakan Keke sembuh dari penyakit Kanker ganas itu tak lama kemudian Keke mengalami hal yang aneh dan tak lama dari itu setelah dilakukan penelitian bahwa kanker ganas yang diidap oleh Keke telah mengakar pada tubuhnya sehingga sulit untuk dimusnahkan.
Sebelum Keke meninggal dunia ia menuliskan Surat Kecil Untuk Tuhan, dan ditengah kabar haru kepergian Keke, ada juga kabar bahagia yang datang bahwa Keke mendapatkan nilai terbesar pada ujian akhir semester yang beberapa bulan lalu ia lalui.
c. Kelebihan
 Kelebihan dari cerita dalam novel ini adalah penulis berhasil menghantarkan pesannya kepada pembaca, walaupun dalam bentuk yang tersirat. Bahwa semangat hidup itu tetap harus ada sekalipun tubuh dan keadaan tidak memungkinkan kita untuk bertahan. Melalui novel ini juga pembaca seolah mendapatkan kekuatan yang besar dari perjuangan Keke dalam melawan kanker ganasnya.

Komentar